Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKA LITOSFER SISWA KELAS X SMAN 1 RENGAT BARAT

FEBY MULIA RIZKI, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKA LITOSFER SISWA KELAS X SMAN 1 RENGAT BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)

Abstract

FEBY MULIA RIZKI 92023) : PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKA LITOSFER SISWA KELAS X SMAN 1 RENGAT BARAT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi materi lingkungan akibat dinamika litosfer dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rengat Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Sampel penelitian ini siswa kelas Xyang berjumlah 68 siswa, siswa kelas eksperimen 35 dan 33 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, soal dan dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Discover Learning yang sangat berarti dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi lingkungan akibat dinamika litosfer. Hasil belajarsiswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, dilihat dari nilai rata-rata pre test (kelas experimen), sebesar 40 menjadi 75.71 pada nilai post test (kelas exsperimen), sehingga pengaruh model pembelajaran Discovery Learning tarhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Rengat Barat menunjukan kenaikan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 35.71% Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:01
Last Modified: 11 Apr 2023 02:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69634

Actions (login required)

View Item View Item