SRI MEGA WAHYUNI, - (2023) PENERAPAN MODEL PROBING-PROMTING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SDN 37 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI SRI MEGA WAHYUNI.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sri Mega Wahyuni, (2023): Penerapan Model Probing-Promting untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN 37 Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan kepercayaan diri siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SDN 37 Kota Pekanbaru melalui model probing-promting. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 34 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah model probing-promting dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa sebelum dilakukan tindakan masih rendah dengan persentase 55,70% pada kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model probing-promting pada siklus I, kepercayaan diri siswa meningkat dengan persentase 68,57% pada kategori kurang baik. Pada siklus II kepercayaan diri siswa mengalami peningkatan kembali dengan persentase 90,17% pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model probing-promting dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SDN 37 Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Model Probing-Promting, Kepercayaan Diri Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 08:12 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 08:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69385 |
Actions (login required)
View Item |