Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Ekonomi Disekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru

Delfa Novridiana, - (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Ekonomi Disekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Delfa Novridiana (2022): Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Ekonomi Disekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru Penelitian bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pembelajaran ekonomi disekolah menengah atas negeri 6 pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi Siswa selama proses pembelajaran dan guru masih menggunakan model konvensional dalam metode ceramah dan tanya jawab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Subjek penelitian ini adalah siswa IPS kelas X. Objek penelitian ini adalah model pembelajara Contextual Teaching and Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pembelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan IPS sebanyak 108 siswa.Sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa X IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis t-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai ritung>rtabel yaitu 1,667 < 5,169 > 2,382 pada taraf signifikasi 5% maupun 1%, maka dapat disimpulkan bahwa ha diterima dan ho ditolak. Hasil uji effect size menunjukkan besaran pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pembelajaran ekonomi disekolah menengah atas negeri 6 pekanbaru adalah sebesar 2,729 yang tergolong sedang. . Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Mar 2023 08:25
Last Modified: 20 Mar 2023 08:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69349

Actions (login required)

View Item View Item