Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MITONI Tradisi Slametan Kehamilan pada Masyarakat Jawa di Kabupaten Kampar

Hasbullah and Mia Ernanda and Salmaini Yelly and Abd. Wahid (2022) MITONI Tradisi Slametan Kehamilan pada Masyarakat Jawa di Kabupaten Kampar. NUSANTARA; Journal for Southeast Asian Islamic Studies, 18 (1). pp. 49-55.

[img]
Preview
Text
MITONI Tradisi Slametan Kehamilan pada Masyarakat Jawa di Kabupaten Kampar.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan makna tradisi mitoni bagi masyarakat Jawa di Desa Bukit Kemuning Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, pengumpulan data digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data dianalisi dengan metode deskripif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tradisi mitoni yang dilakukan adalah sebagai ucapan syukur atas kehamilan yang sudah mencapai tujuh bulan dan harapan akan keselamatan ibu dan bayi sampai proses kelahiran tiba. Tradisi ini sebenarnya sudah mulai mengalami pergeseran dan pengurangan unsur-unsur tradisi, tetapi tidak meninggalkan inti dari tradisi. Pelaksanakan tradisi mitoni yaitu Pertama, menentukan hari, dalam menentukan hari pada tradisi mitoni sudah tidak lagi berpedoman pada kalender Jawa dan hanya menentukan harinya saja yaitu hari selasa atau hari sabtu. Kedua tahap persiapan seperti meyiapkan peralatan dan bahan dalam pembuatan makanan yang akan disajikan serta perlatan yang dibutuhkan pada pelaksanaan tradisi mitoni, mengundang para tamu, dan memasak. Ketiga adalah tahap pelaksanaan, pada tahap ini pelaksanannya sudah tidak lengkap lagi hanya terdiri dari siraman, membelah kelapa dan kenduri, dan ada juga yang hanya melakukan kenduri saja. Adapun makna yang terdapat pada tradisi mitoni adalah adanya upaya untuk menjadikan sang anak memiliki jiwa dan badan yang kuat.

Item Type: Article
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Studi Agama-Agama
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:54
Last Modified: 23 Feb 2023 01:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69094

Actions (login required)

View Item View Item