Evita Sari (2015) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI, KEMATANGAN EMOSI DAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SISWA SMA NEGERI 1 UJUNG BATU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (27kB) | Preview |
Abstract
Kondisi lingkungan selalu berubah setiap saat, oleh karenanya siswa dituntut untuk dapat membina dan menyesuaikan diri dengan bentuk-bentuk hubungan yang baru dalam berbagai situasi, sesuai dengan peran yang dibawanya dengan lebih matang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dan kematangan emosional dengan penyesuaian sosial pada siswa di SMA Negeri 1 Ujung Batu. Subjek penelitian adalah siswa-siswi di SMA Negeri 1 Ujung Batu yang berjumlah 120 orang. Metode pengambilan data menggunakan skala konsep diri, skala kematangan emosional dan skala penyesuaian sosial. Metode analisis data menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil analisis koefisien korelasi konsep diri dengan penyesuaian sosial adalah sebesar 0,475 dengan signifikansinya 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat korelasi, kemudian kematangan emosional dengan penyesuaian sosial dengan koefisien korelasi sebesar 0,544 dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti ada korelasi. Analisis regresi ganda diperoleh harga coefficient multiple correlation sebesar = 0,602 pada tabel anova diperoleh nilai F sebesar 33,308 sehingga nilai peluang galat alpha (p) sebesar = 0,000 lebih kecil dari 0,05, artinya variabel konsep diri dan kematangan emosional secara bersama-sama berhubungan dengan penyesuaian sosial. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara konsep diri dengan penyesuaian sosial, dan ada hubungan yang positif antara kematangan emosional dengan penyesuaian sosial, serta ada hubungan antara konsep diri dan kematangan emosional dengan penyesuaian sosial pada siswa. Kata-Kunci: Konsep diri, kematangan emosional, penyesuaian sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Klinis dan Agama |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 03 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Sep 2016 04:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6888 |
Actions (login required)
View Item |