INDRIA KIRANA, - (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA SMP/MTs BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE (SSI) TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN DAN HADITS PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Indria Kirana, (2023) : Pengembangan E-Modul IPA SMP/MTs Berbasis Socio Scientific Issue (SSI) Terintegrasi Ayat Al- Qur’an dan Hadits Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya bahan ajar yang menarik pada pembelajaran IPA di MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Proses pembelajaran hanya berorientasi pada buku paket dan masih sangat jarang yang terintegrasi ayat Al-Qur‟an dan Hadits. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk e- Modul IPA SMP/MTs terintegrasi ayat Al-Qur‟an dan Hadits berbasis Socio Scientific Issue (SSI) pada materi klasifikasi makhluk hidup. E-Modul ini dibuat sebagai bahan ajar yang menarik dan dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik serta terdapat informasi SSI yang berkaitan antara permasalahan sosial dengan sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model 4D. Dikarenakan kondisi yang dihadapi peneliti dalam proses pengembangan, maka langkah penelitian dalam penelitian ini dibatasi sampai langkah ketiga, yaitu tahap pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil validitas produk e-Modul IPA sudah dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi oleh ahli integrasi ayat Al- Qur‟an dan Hadits memperoleh nilai sebesar 96%, ahli materi pembelajaran memperoleh nilai sebesar 97%, dan ahli bahan ajar memperoleh nilai sebesar 89% dengan kategori seluruh penilaian sangat valid dengan nilai 94%. Selain itu tingkat praktikalitas oleh guru dinyatakan sangat praktis untuk digunakan kepada peserta didik dalam pembelajaran, dengan nilai sebesar 96% dengan revisi. Serta mendapat respon sangat baik dari 31 peserta didik di MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru dengan memperoleh nilai sebesar 90% terhadap produk e-Modul IPA SMP/MTs terintegrasi ayat Al-Qur‟an dan Hadits berbasis Socio Scientific Issue (SSI) pada materi klasifikasi makhluk hidup. Kata kunci : bahan ajar, e-modul, Socio Scientific Issue (SSI), integrasi nilai Al-Qur’an dan Hadits, klasifikasi makhluk hidup
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 12:02 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 12:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68805 |
Actions (login required)
View Item |