SRI DINA LIDYA SARI, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (891kB) |
||
|
Text
SKRIPSI SRI DINA LIDYA SARI.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sri Dina Lidya Sari, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Probing Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Muatan Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada muatan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Probing Prompting di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 30 orang siswa dan objeknya adalah model pembelajaran Cooperative Learning tipe Probing Prompting dan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes lisan dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Probing Prompting dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata kemampuan mengemukakan pendapat siswa hanya 34,50 atau berada pada kategori kurang. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-rata kemampuan mengemukakan pendapat siswa meningkat menjadi 59,66 atau berada pada kategori cukup, dan pada siklus II, ni l a i rata-ratanya meningkat secara signifikan menjadi 76,16 atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Probing Prompting dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada muatan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan d i kelas IV Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Kata kunci: Cooperative Learning, Probing Prompting, Kemampuan Mengemukakan Pendapat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 05:05 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 05:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68713 |
Actions (login required)
View Item |