Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF DI MTS DARUL QUR’AN PEKANBARU

MIFTAHUR RAHMAH, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF DI MTS DARUL QUR’AN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
kecuali bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran Treffinger merupakan model pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk berpikir kreatif dalam memecahkan masalah dengan melihat fakta-fakta di lingkungan sekitar, membantu siswa menguasai konsep, kemudian memunculkan ide-ide baru dan memilih solusi yang tepat untuk diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMP pada materi zat aditif dan zat adiktif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2022/2023 di Pesantren MTS Darul Qur’an Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dimana subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian posttest menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0<0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini dapat membantu guru meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger. Kata Kunci :Treffinger, Kemampuan Berpikir Kreatif, Zat Aditif dan Adiktif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2023 08:00
Last Modified: 30 Jan 2023 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68591

Actions (login required)

View Item View Item