RUMAISHA ASY SYAFIQA, - (2023) PENGEMBANGAN HOME INDUSTRY DENGAN PENERAPAN E-BUSINESS PADA USAHA CATERING TIASHA DI KOTA DUMAI MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (854kB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah usaha yang kurang berkembang dibandingkan dengan usaha lain yang juga menggunakan e-business dalam menjalankan usaha. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana Pengembangan Home Industry Pada Usaha Catering Tiasha dengan Menggunakan E-Business, Bagaimana Tinjauan Ekonomi Syariah terhadap pengembangan Home Industry catering tiasha dengan E-Business. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Filed Research) yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, Yang berlokasi dikota Dumai, Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari informan kunci (key informan) dan informan pendukung. Diantaranya 1 orang informan kunci (key informan) yaitu pemilik home industry catering Tiasha dan 3 orang informan pendukung yaitu karyawan yang bekerja di home industry catering Tiasha. Sebagai data primer yang di himpun dari pemilik dan karyawan pada usaha catering tiasha. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari buku-buku, peraturanperaturan yang tertulis dan dokumen yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Dalam pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi, dalam menganalisis data peneliti menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengembangan pada home industry catering tiasha dipengaruhi oleh faktor modal, membutuhkan dana atau modal yang lebih untuk meningkatkan produksi, sumber daya manusia dengan penambahan jumlah karyawan, penjualan dengan e-business melalui sosial media facebook, instagram dan whatsapp sehingga meningkatnya omset penjualan dari tahun ke tahun dan dikenal oleh masyarakat luass, menjaga kualitas pelayanan terhadap pelanggan. (2) Penjualan yang dilakukan usaha catering tiasha melalui e-business sudah sesuai dengan prinsip Syariah. Seperti penjualan melalui media sosial dengan menggunakan akad istisna’ atau akad pesanan, menjual produk yang halal. Dan tidak terdapat unsur-unsur riba, kezaliman, monopoli dan penipuan. Catering tiasha menerapkan prinsip jual beli itu halal, halal cara memperolehnya, halal dalam memproduksi dan halal dalam pendistribusiannya. KataKunci :E. Business, Home Industry, Ekonomi Syariah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 07:27 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 07:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68570 |
Actions (login required)
View Item |