MUHAMMAD ALIF ZUHARLAN, - (2023) PERANCANGAN GAME FPS (FIRST PERSON SHOOTER) BREAK ON CAMPUS DENGAN MENGGUNAKAN UNREAL ENGINE. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
MUHAMMAD ALIF ZUHARLAN (2023) : PERANCANGAN GAME FPS (FIRST PERSON SHOOTER) BREAK ON CAMPUS DENGAN MENGGUNAKAN UNREAL ENGINE Dalam keseharian manusia saat ini pembelajaran sangat diutamakan, baik itu dari sekolah, maupun universitas. Hal ini dilakukan selain menambah pengetahuan manusia, dapat juga mengubah perilaku manusia agar berpikir kritis dalam suatu permasalahan. Proses pembelajaran ini dilakukan ketika kita masi kecil, dengan metode belajar dari orang tua kita seperti bagaimana kita berbicara sopan santun, makan, berjalan dan sebagainya. Metode ini berfungsi agar kedepannya dapat melakukan secara otodidak hingga ke tahap pembelajaran berikutnya. Namun dengan hadirnya game atau bisa disebut juga dengan video game mulai beradaptasi kedalam keseharian manusia di era ini. Sehingga pembelajaran yang selama ini sama sekali tidak pernah diperhatikan kembali. Permasalahan itu dirasakan hingga kini, dan sangat sulit untuk di hilangkan terutama dikalangan pelajar. Untuk itu perlu adannya game yang dapat membuat pelajar bisa sekaligus melakukan pembelajaran didalam game tersebut dengan membuat game edukasi. Game edukasi saat ini sudah banyak diterapkan, namun masih banyak perlu pengembangan. Penelitian dan Pengembangan game FPS (First Person Shooter) ini merupakan jajaran game yang sangat diminati dikarenakan banyaknya fitur menarik yang menuai para pelajar ingin terus memainkannya. Namun, game yang seperti ini jarang sekali menyuguhkan fitur pembelajaran, namun justru diperbanyak fitur kekerasan dan sejenisnya. Game yang akan dibuat ini berfungsi sebagai media perantara pembelajaran dan juga dapat digunakan dari kalangan pelajar yang setiap harinya berkaitan dengan game. Perancangan game ini dibantu dengan aplikasi UE (Unreal Engine) yang tidak banyak memasukkan bahasa pemrograman atau c++. Game ini akan membuat para pelajar akan merasakan sensasi bermain game sekaligus mendapatkan pembelajaran. Yang berupakan video pembelajaran yang sangat di perlukan untuk dapat bersaing di universitas atau sebagainya Berdasarakan uji kelayakan menggunakan metode UAT, game ini menghasilkan angka 90% dan dapat disimpulkan pengujian game ini sangat baik dan dapat dikembangkan lebih lagi untuk kedepannya. Kata Kunci : Game edukasi, Unreal engine, FPS.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 05:27 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 05:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68536 |
Actions (login required)
View Item |