Iir Amalia (2014) HUBUNGAN ANTARA RASA PERCAYA DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 TAPUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (48kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pembelajaran, rasa percaya diri siswa sangat penting, karena rasa percaya diri dapat menentukan keberhasilan siswa dalam belajar, seorang siswa yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi akan lebih berhasil dibandingkan dengan siswa yang memiliki rasa percaya diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara rasa percaya diri dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Desain penelitian ini adalah penelitian korelasi yang terdiri dari dua variabel. Penelitian ini berlokasi di kecamatan Tapung kabupaten Kampar, Subjek penelitian ini adalah siswa, objek penelitian ini adalah hubungan antara rasa percaya diri dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi penelitian ini adalah siswa muslim kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung tahun ajaran 2014 yang berjumlah 83 orang, oleh karena populasi sedikit maka seluruh populasi diteliti. Teknik pengumpulan data adalah angket disusun mengikuti skala likert. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi product moment. Berdasarkan analisis data maka dapat ditarik kesimpulan bahwa rasa percaya diri siswa dalam mengikuti proses pembelajaraan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung berada pada kategori “sedang” sebesar 73,50%, sedangkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berada pada kategori “sedang” sebesar 77,10%, dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan perhitungan diperoleh r hitung = 0,590 lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 5% (0,205) maupun 1% (0,267), Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan kata lain semakin tinggi rasa percaya diri siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam maka, semakin tinggi pula prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Dan semakin rendah rasa percaya diri siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam maka, semakin rendah pula prestasi belajar Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 08:28 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 08:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6821 |
Actions (login required)
View Item |