Yutia Amri (2014) THE EFFECT OF USING READING GUIDE-O-RAMA METACOGNITIVE STRATEGY ON THE STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT THE SENIOR HIGH SCHOOL MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (88kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan pengamatan penulis dan informasi dari guru bahasa Inggris di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru, ditemukan bahwa beberapa siswa kelas X memiliki masalah dalam pemahaman membaca, terutama pada teks narasi. Mereka tidak bisa mencapai standar minimal skor (KKM). Dalam hal ini, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul pengaruh dari penggunaan strategi Reading Guide-O-Rama Metacognitive terhadap pemahaman membaca siswa diSMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu strategi Reading Guide-O-Rama Metacognitive sebagai variabel independen dan pemahaman membaca sebagai variabel dependen. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Reading Guide-O-Rama Metacognitive terhadap pemahaman membaca teks narasi pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Penulis merumuskan masalah yang akan dijawab dengan menggunakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental, tepatnya one group pretest and one group posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Penulis mengambil dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ada 26 siswa dikelas eksperimen dan 26 siswa dikelas control sebagai sampel dari 184 populasi setelah melakukan pengelompokan sampel secara acak. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan tes pilihan ganda. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan rumus Independent Sample T-test dengan menggunakan SPSS versi 16. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan diantara pemahaman membaca siswa yang diajarkan sebelum menggunakan strategy Reading Guide-O-Rama Metacognitive dengan pemahaman membaca siswa yang diajarkan setelah menggunakan strategy Reading Guide-O-Rama Metacognitive. Hal itu dibuktikan dengan ditemukan to (6.378) adalah lebih tinggi dibandingkn dengan T-tabel, pada taraf significant 5% dan 1% 2,01<6.378>2,68. Dengan demikian null hypothesis (Ho) ditolak, dan alternative hypothesis (Ha) diterima. Itu berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Reading Guide-O-Rama Metacognitive terhadap pemahaman membaca teks narasi pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 03:25 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6786 |
Actions (login required)
View Item |