HENI MELIZA, - (2023) PENERAPAN ALGORITMA K-MEDOIDS DAN ALGORITMA APRIORI UNTUK STRATEGI PEMASARAN BUKU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (File Lengkap Sampai Lampiran Kecuali BAB IV)
Seluruh Bab Kecuali Bab 4.pdf - Published Version Download (906kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
Abstract
Toko Buku Zanafa adalah toko buku terbesar di Kota Pekanbaru yang terletak dekat dengan sekolah. Berdasarkan obeservasi, data transaksi penjualan pada tahun 2019 di Toko Buku Zanafa lebih banyak yaitu 2.000 sampai dengan 5.000 transaksi setiap bulannya dibandingkan data transaksi pada tahun 2021 hanya mencapai 1.000 sampai dengan 2.000 transaksi. Tercatat transaksi pada tahun 2019 berjumlah 48.242. Strategi pemasaran yang dilakukan pihak Zanafa saat ini ada dengan melakukan promosi di akun media sosial. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan algoritma K-Medoids dan algoritma Apriori untuk mencari pola pembelian buku yang sering dibeli secara bersamaan sehingga dapat menerapkan strategi pemasaran bauran promosi yaitu periklanan dan promosi penjualan buku. Didapatkan hasil dengan menerapkan 2 strategi promosi yaitu periklanan dapat mengiklankan dua paket produk pada kategori kategori Al-Qur’an maka akan mengiklankan produk pada kategori Zikir dan Do’a dengan nilai support sebesar 3% dan confidence sebesar 44% dan promosi penjualan dengan mempromosiskan dua paket produk yang saling berkaitan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 01:43 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 01:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/66010 |
Actions (login required)
View Item |