Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP POLA PEMBELIAN KONSUMEN CAT AVIAN MENGGUNAKAN DATA MINING ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus : Toko Bangunan Arafah Mandiri Jaya)

M. ILHAM KURNIAWAN, (-) (2023) ANALISA PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP POLA PEMBELIAN KONSUMEN CAT AVIAN MENGGUNAKAN DATA MINING ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus : Toko Bangunan Arafah Mandiri Jaya). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
01. Kelengkapan TA 1-14, BAB I, II, III & VI, Dapus, Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV & V)
02. BAB IV-V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan data transaksi penjualan cat brand Avian dari bulan Januari-Maret 2022, terjadi penurunan penjualan dan jumlah konsumen pada bulan Februari yang cukup signifikan. Pihak pengelola juga tidak memanfaatkan banyaknya data transaksi penjualan yang terjadi. Data mining Algoritma Apriori dan analisa bauran pemasaran dapat diterapkan untuk masalah ini. Algoritma Apriori memanfaatkan tumpukan data transaksi penjualan yang tidak diolah lebih lanjut dengan menemukan himpunan data yang paling sering muncul secara bersamaan yang menghasilkan pola pembelian konsumen, menjadi informasi yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Pengolahan data dilakukan menggunakan software RapidMiner dan menghasilkan 22 rules dengan minimum support di atas 5% dan minimum confidence di atas 30%. Dari Pola pembelian yang didapat dilakukan analisa faktor yang mempengaruhinya yaitu melalui bauran pemasaran berdasarkan kuesioner yang telah disebarkan. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan diketahui bahwa variabel bebas (Produk, Harga dan Tempat/Distribusi) berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap variabel terikat (Keputusan Pembelian) yang mempengaruhi pola pembelian konsumen. Variabel promosi tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen Toko Bangunan Arafah Mandiri Jaya yang menjadi penyebab terjadinya penurunan konsumen dan penjualan pada bulan Februari. Diberikan usulan perbaikan promosi kepada Toko Bangunan Arafah Mandiri Jaya berdasarkan variabel promosi dari bauran pemasaran yang dilakukan yaitu personal selling dalam memberikan informasi yang detail, media promosi, penyajian promosi dan kombinasi promosi yang diberikan berdasarkan 22 rules yang didapat pada pengolahan Algoritma Apriori.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:21
Last Modified: 30 Jan 2023 02:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65931

Actions (login required)

View Item View Item