AJI PANGESTU, - (2022) Diagnosa Awal Disgrafia pada Anak Menggunakan Metode Backpropagation. Diagnosa Awal Disgrafia pada Anak Menggunakan Metode Backpropagation, 15 (2). pp. 123-132. ISSN 580-2582
|
Text
Repository.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
unitek/article/view/391 Download (45kB) |
Abstract
Gangguan belajar merupakan suatu gangguan dasar dalam psikologis yang meliputi penggunaan pemahaman bahasa tulisan. Gangguan belajar yang termasuk dalam klasifikasi gangguan belajar akademik adalah disgrafia. Disgrafia merupakan gangguan khusus dimana anak tidak dapat mengekspresikan pikirannya kedalam bentuk tulisan, karena tidak dapat mengkoordinasikan motorik halusnya untuk menulis dan menyusun kata dengan benar. Diagnosa awal disgrafia pada anak terdiri atas disgrafia dan tidak disgrafia. Diagnosa ini menggunakan 31 variabel inputan menggunakan metode Backpropagation dengan menggunakan data yang berjumlah 150 data. Dari pengujian yang dilakukan didapatkan hasil menggunakan learning rate 0.1 dan 0.01, maks epoch 500 dengan arsitektur jaringan syaraf tiruan 31-31-1 dengan pembagian data 90:10 menghasilkan nilai akurasi sebesar 100% serta pada pembagian data 80:20 menggunakan learning rate 0.1, maks epoch 500 dengan arsitektur jaringan syaraf tiruan 31-31-1 menghasilkan nilai akurasi sebesar 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa diagnosa disgrafia pada anak dengan backpropagation dapat dilakukan sangat baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 03:42 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 03:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65849 |
Actions (login required)
View Item |