RIFKI SEPTIAWAN, - (2023) KEMAMPUAAN GURU MENGGUNAKAN WHATSAPP (WA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL ISLAM KAMPUNG BARU GUNUNG TOAR KEBUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Rifki Septiawan (2022): Kemampuaan Guru Menggunakan Whatsapp (WA) sebagai Media Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Kampung Baru Gunung Toar Kebupaten Kuantan Singingi Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru menggunakan Whatsapp (WA) sebagai media pembelajaran daring pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Kampung Baru Gunung Toar Kebupaten Kuantan Singingi dan faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru fikih Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Kampung Baru Gunung Toar Kebupaten Kuantan Singingi. Objek penelitian ini adalah kemampuan guru menggunakan Whatsapp (WA) sebagai media pembelajaran Daring pada mata pelajaran Fikih. Informan dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Fiqih yang berjumlah dua orang. Informan tambahannya adalah siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kemampuan guru menggunakan Whatsapp (WA) sebagai media pembelajaran daring pada mata pelajaran Fikih di lebih terfokus pada kemampauan dalam mengirim sebuah pesan teks, foto dari galeri atau kamera, video, file, dan menelpon melalui video call, sementara untuk kegiatan berbagi lokasi dengan Global Positioning System (GPS), menggunakan emoji minimalis, sticker, gift dan kartu kontak jarang dilakukan. Belum maksimalnnya kegiatan untuk menelpon melalui suara dan mengirim pesan suara atau voice note termasuk mengatur panel profilnya sendiri, yang terdiri dari nama, foto, status dan melindungi privasi pada profil. Faktor pendukung yang paling dominan dalam mempengaruhi pembelajaran menggunakan WA adalah faktor fitur Whatsapp Messenger Goup yang dapat mempermudah partisipasi siswa dan mempercepat terjadinya kelompok belajar dalam membangun dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Faktor penghambat yang paling dominan dalam mempengaruhi pembelajaran menggunakan Whatsapp (WA) adanya faktor sinyal dan chat yang menumpuk Kata Kunci: Kemampuaan Guru, Whatsapp, Pembelajaran Daring, Fikih.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 04:45 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 04:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65807 |
Actions (login required)
View Item |