Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBELAJARAN QOWA’ID (NAHWU) DI PONDOK PESANTREN TARBIYAH ISLAMIYAH AL-MUNAWWARAH PEKANBARU RIAU, 2022

ALIMUDDIN MUNTHE, - (2023) PEMBELAJARAN QOWA’ID (NAHWU) DI PONDOK PESANTREN TARBIYAH ISLAMIYAH AL-MUNAWWARAH PEKANBARU RIAU, 2022. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img]
Preview
Text
TESIS ALIMUDDIN MUNTHE.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Alimuddin Munthe, NIM: 22090712604, Pembelajaran Qowa’id (Nahwu) di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah al- Munawwarah Pekanbaru Riau, 2022 Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui Metode pembelajaran Qowa’id (Nahwu) Pada Siswa Aliyah di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah al-Munawwarah Pekanbaru Riau, untuk mengetahui evaluasi pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren al- Munawwarah, untuk mengetahui masalah dalam pembelajaran Qowa’id (Nahwu) Pada Siswa Aliyah di Pondok Pesantren al-munawwarah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan hasil wawancara dan beberapa dokumen-dokumen pendukung dan observasi lapangan, dan tehnik menganalisis datanya adalah dengan mengklasifikasikan data kemudian menjabarkan data serta menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini adalah, yang pertama: berkaitan dengan penggunaan metode pembelajaran Qowa’id (Nahwu) di di Pondok Pesantren al-Munawwarah terdiri dari beberapa metode yaitu: metode Qowa’id Nahwu dan Terjemah, metode qiyasiayah dan metode sam’iah syafawiah, yang kedua: yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran Nahwu, bahwa evaluasi pembelajaran nahwu dilakukan setelah selesai pembelajaran dan juga setelah selesai satu materi pembelaharan. Sedangkat alat yang dugunakan dalam evaluasi diantaranya kertas atau buku bacaan atau papan tulis, Yang ketiga: yang berkaitan dengan probelamatika yang ada dalam pembelajaran nahu yaitu, sebagian siswa tidak memahami materi pembelajaran di akibatkan susahnya sebagian materi, sebagian siswa tidak memiliki semangan yang kuat karena bosan, dan sedikitnya waktu dalam pembelajaran. Sedangkan penyelesain masalah yang dilakukan adalah, guru mengulangi penjelasan sampai siswa benar-benar memahami, menyuruh siswa untuk saling memudzakarahkan pembelajaran yang belum dipahami, menambah waktu di luar pelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran Qowa’id (Nahwu), pembelajaran Evaluasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:42
Last Modified: 27 Jan 2023 08:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65779

Actions (login required)

View Item View Item