Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PESANTREN PADA MADRASAH TSANAWIYAH ANSHOR AL-SUNNAH (Studi Kasus Pondok Pesantren Anshor AL-Sunnah Berdasarkan SAK ETAP)

ADRIAN KAISAR, - (2022) ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PESANTREN PADA MADRASAH TSANAWIYAH ANSHOR AL-SUNNAH (Studi Kasus Pondok Pesantren Anshor AL-Sunnah Berdasarkan SAK ETAP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PESANTREN PADA MADRASAH TSANAWIYAH ANSHOR AL-SUNNAH (Studi Kasus Pondok Pesantren Anshor AL-Sunnah Berdasarkan SAK ETAP) Oleh: ADRIAN KAISAR NIM : 11770313524 Penelitian ini dilakukan pada Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Anshor AL-Sunnah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penyajian laporankeuangan Madrasah Tsanawiayh Pondok Pesantren Ansor AL-Sunnah telah sesuai dengan Pedoman Akuntansi Pesantren? Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengancara wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara yaitu penulis mengadakan Tanyajawab secara langsung dengan pihak yang terkait dengan judul yang diambil olehpenulis. Observasi yaitu dengan cara pengamatan langsung di lapangan dan melakukan pengambilan data dengan pencatatan secara sistematis terhadaap hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan Wawancara. Sedangkan dokumentasi yaitu dokumen-dokumen yang dimiliki olehPondok Pesantren Ansor AL-Sunnah seperti RKAM, buku kas umum dan data lain yangmendukung dalam penelitian ini. Penerapan Pedoman Akuntansi Pesantren yang diterapkan MTS Pondok Pesantren Anshor Al-Sunnah belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuansyariah.Terutama dalam laporan posisi keuangan, laporan arus kas danlaporan lainnya. Kesimpulan dari penelitian yang penulis lakukan adalah bahwadalam penerapan Pedoman Akuntansi Pesantren pada MTS Pondok Pesantren Anshor Al-Sunnah belumsepenuhnya sesuai dengan prinsip-prinsip yang berlaku umum didalam akuntansi syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 26 Jan 2023 13:40
Last Modified: 26 Jan 2023 13:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65747

Actions (login required)

View Item View Item