NURSYAFITRA, - (2023) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPS PADA MATERI GEOGRAFI DI SMA N 2 SIAK HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Nursyafitra, (2022) : Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa IPS pada Materi Geografi di SMA N 2 Siak Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 2 Siak Hulu. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 (dua) kelas yaitu kelas eksperimen XI IPS 3 yang diberi perlakuan dengan metode problem solving dan kelas kontrol XI IPS 1 yang tidak diberi perlakuan hanya dengan metode konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Statistik Deskriptif dan statistik parametrik dengan uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata dari efektivitas metode problem solving adalah 0,7180 > 0,7 maka kategori yang diperoleh tinggi dan adanya pengaruh penggunaan metode problem solving pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan sebesar 4.485 maka kriteria nilai effect size tersebut sangat besar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil perhitungan tersebut dapat diartikan bahwa penggunaan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi geografi di SMAN 2 Siak Hulu. Kata Kunci: Pengaruh, Metode Problem Solving, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 13:22 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 13:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65738 |
Actions (login required)
View Item |