Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI APLIKASI PEDULI LINDUNGI PADA PENGUNJUNG MALL CIPUTRA SERAYA PEKANBARU

BELLA ASRIANTI, - (2022) IMPLEMENTASI APLIKASI PEDULI LINDUNGI PADA PENGUNJUNG MALL CIPUTRA SERAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BELLA ASRIANTI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Bella Asrianti Jurusan : Ilmu Komunikasi (Broadcasting) Judul : Implementasi Aplikasi Peduli Lindungi Pada Pengunjung Mall Ciputra Seraya Pekanbaru Sejak masa pandemi dari tahun 2019 lalu, hingga saat ini pola kehidupan masyarakat berubah secara signifikan khususnya perubahan sistem yang ada pada pusat perbelanjaan khususnya Mall Ciputra Seraya Pekanbaru. Masyarakat Pekanbaru harus melakukan scan barcode pada aplikasi peduli lindungi dan pengawasan aturan protokol kesehatan selama berada di area mall. Tentunya hal ini berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 35, 36, dan 37 Tahun 2021 yaitu pemerintah mengatur ketentuan penggunaan aplikasi PeduliLindungi pada pengelola pusat perbelanjaan yang diwajibkan melakukan skrining menggunakan aplikasi tersebut. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui Implementasi Aplikasi Peduli Lindungi Pada Pengunjung Mall Ciputra Seraya Pekanbaru.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif memalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teori SOR. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Isi pesan (stimulus) dari implementasi aplikasi pedulilindungi dilihat dari aspek komunikator dimana yang berperan penting terdiri dari management mall, security dan customer service. Pesan yang disampaikan dapat diterima oleh pengunjung untuk melakukan scan barcode aplikasi saat memasuki area mall dan mematuhi prokes yang ada yang terdiri dari mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh , serta menggunakan masker didapat dari saluran komunikasi yang telah disiapkan oleh pihak mall seperti akun media sosaial intagram mall, x banner, dan seruan dari customer service.Organisme (komunikan), dalam hal ini pengunjung dilihat dari perhatian dan antusias pengunjung untuk meningkatkan kesadaran mentaati aturan yang diterapkan di area mall, perhatian komunikan ini dilihat dari aspek kerangka referensi yang menyangkut dengan latar belakang pengunjung baik itu Pendidikan ataupun usia dan aspek factor situasi dan kondisi, dimana yang sering menjadi keluhan adalah persoalan jaringan, paket data yang tidak memadai dan eror system pada aplikasi tersebut.Response (tanggapan) pengunjung mall terdapat nrespon positif dan respon negative. Pengunjung yang merespon positif tidak lain mendukung kebijakan tersebut begitupun sebaliknya. Pada respon ini juga ada dampak dari implementasi aplikasi pedulilindungi yang diterapkan di mall yang terdiri dari dampak kognitif, afektif dan konatif. Kata Kunci : Implementasi, Aplikasi Pedulilindungi, Pengunjung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:42
Last Modified: 26 Jan 2023 01:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65605

Actions (login required)

View Item View Item