Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisa dan Desain Kembali Aplikasi Galeri Lembaga Adat Melayu Riau Menggunakan Metode Design Thinking

Wirasatria Putra, - Analisa dan Desain Kembali Aplikasi Galeri Lembaga Adat Melayu Riau Menggunakan Metode Design Thinking. Analisa dan Desain Kembali Aplikasi Galeri Lembaga Adat Melayu Riau Menggunakan Metode Design Thinking, 9 (6). pp. 1883-1892. ISSN 2715-7393

[img]
Preview
Text
WIRASATRIA PUTRA REPOSITORY.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aplikasi Galeri Lembaga Adat Melayu Riau atau disingkat Galeri LAM adalah aplikasi jual beli yang bertujuan sebagai upaya pelestarian budaya Melayu Riau pada Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya yang bekerjasama dengan PT Pertamina dan Lembaga Adat Melayu Riau. Pada projek ini terdapat 3 proses bisnis, yaitu aplikasi Toko Online, supplier dan aplikasi Kasir. Yang akan dibahas dalam Jurnal ini adalah aplikasi Toko Online. Aplikasi Toko online Galeri LAM memberikan fasilitas bagi Mitra UMKM memasarkan produknya dengan bekerjama dengan Galeri LAM sebagai wadahnya. Berdasarkan fungsinya Aplikasi Toko Online Galeri LAM bertujuan untuk memudahkan Mitra UMKM yang bekerjasama untuk memasarkan produknya secara luas, menjangkau lebih banyak audiens dan sebagai media promosi. Aplikasi ini juga diharapkan mempermudah pembeli mencari produk-produk berkualitas asli dari RIAU. Namun dalam penggunaannya masih banyak terdapat permasalahan. Penelitian ini berfokus pada pengembangan rekomendasi aplikasi dengan cara analisa dan desain kembali (Redesain) UI dan UX Aplikasi Toko Online Galeri LAM dengan menggunakan metode Design Thinking. Metode ini dikenal sebagai suatu proses berpikir komprehensif yang berkonsentrasi untuk menciptakan solusi yang diawali dengan proses empati terhadap suatu kebutuhan tertentu yang berpusat pada manusia. Tahapan dalam metode ini ada 5, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Rekomendasi aplikasi dibangun dalam bentuk prototype menggunakan aplikasi Figma. Prototype yang dibangun berhasil diuji kepada 10 orang responden dengan menggunakan pengujian System Usability Scale (SUS) dan prototype aplikasi bernilai 76.

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:36
Last Modified: 26 Jan 2023 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65583

Actions (login required)

View Item View Item