NUR INDAH HAYATI, - (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (16MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
ABSTRAK Nur Indah Hayati, (2023): Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi persamaan garis lurus yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di MTs Pondok Pesantren Darul Qur’an Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah para ahli teknologi dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen, guru mata matematika dan siswa kelas VIII. Objek penelitian ini adalah modul berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi persamaan garis lurus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan soal posttest. Instrumen penelitian berupa instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi modul oleh ahli teknologi pendidikan dan materi pembelajaran, instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa dan instrumen keefektifan yaitu soal posttest. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh : (1) modul berbasis pendekatan pendekatan RME dinyatakan dalam kategori sangat valid dengan rata-rata kevalidan sebesar 90,09%. (2) modul berbasis pendekatan pendekatan RME dinyatakan dalam kategori sangat praktis dengan rata-rata kepraktisan sebesar 91,69%. (3) modul berbasis pendekatan RME dinyatakan efektif. Hal tersebut menunjukkan modul berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang telah dikembangkan ini valid, praktis dan efektif. Kata Kunci : Modul, Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Persamaan Garis Lurus serta Model ADDIE.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 08:22 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 08:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65579 |
Actions (login required)
View Item |