Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH

LATIFAH ZAHIRAH, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Latifah Zahirah, (2022): Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Penelitian ini didasari dari observasi awal mengenai rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa di MTsN 3 Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan melihat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung berdasarkan disposisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan factorial experiment design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis, angket disposisi matematis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, 2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi, sedang dan rendah, 3) tidak terdapat interaksi antara model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis berdasarkan disposisi matematis siswa MTsN 3 Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:45
Last Modified: 25 Jan 2023 03:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65493

Actions (login required)

View Item View Item