Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DAMPAK DIGITAL MARKETING TERHADAP VOLUME PENJUALAN MOTOR DAN MOBIL BEKAS PADA USAHA RUSDI MOTOR PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARI’AH

AGNES IMELIA, - (2022) DAMPAK DIGITAL MARKETING TERHADAP VOLUME PENJUALAN MOTOR DAN MOBIL BEKAS PADA USAHA RUSDI MOTOR PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARI’AH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AGNES IMELIA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Agnes Imelia, 2022: Dampak Digital Marketing Terhadap Volume Penjualan Motor Dan Mobil Bekas Pada Usaha Rusdi Motor Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syari’ah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi perkembangannya zaman sehingga saat ini mendorong kita memasuki industri digital. Perkembangan teknologi ini sangat mempengaruhi aktivitas masyarakat salah satunya di bidang bisnis. Sehingga dalam bisnis dikenal dengan digital marketing (pemasaran online), Rusdi Motor Pekanbaru merupakan salah satu tempat usaha yang memanfaatkan digital marketing khususnya media sosial sebagai sarana atau alternatif yang digunakan untuk memasarkan produk motor dan mobil bekas nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak digital marketing terhadap volume penjualan motor dan mobil bekas pada usaha rusdi motor pekanbaru ditinjau menurut ekonomi syari’ah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan, lokasi penelitian dilakukan pada usaha Rusdi Motor Pekanbaru yang beralamat di Perumahan Oce Regency, Jl. Garuda Sakti Km 2 Pekanbaru, Riau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah data penjualan sebelum menggunakan digital marketing dan data penjualan setelah menggunakan digital marketing yaitu dari tahun 2015 - 2022, sedangkan sampelnya yaitu data penjualan sebelum menggunakan digital marketing (April 2015 – Desember 2018) dan data penjualan setelah menggunakan digital marketing (Januari 2019 – September 2022), Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji kolmogorov smirnov, uji sampel t berpasangan (paired samples t test). Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa nilai t hitung = 8,509 dan t tabel = 2,414 sehingga t hitung > t tabel (8,509 > 2,414) maka Ho ditolak, sedangkan berdasarkan pengujian signifikansi, nilai α (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan volume penjualan antara sebelum menggunakan digital marketing dengan setelah menggunakan digital marketing pada Usaha Rusdi Motor Pekanbaru. Dalam tinjauan ekonomi syari’ah, usaha Rusdi Motor Pekanbaru ini sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pemasaran dalam islam yaitu telah sesuai dengan prinsip ketuhanan (rabbaniyah), etis (akhlaqiyah), realistis (al- waqiiyah), dan humanitis (al- insaniyah) dan tidak ditemukan hal-hal yang menyimpang dari syari’at islam. Kata kunci: Digital Marketing, Volume Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jan 2023 08:11
Last Modified: 24 Jan 2023 08:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65439

Actions (login required)

View Item View Item