Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 2 KAMPAR

PUTRI SAKINAH, - (2023) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 2 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Putri Sakinah (2022): Pengaruh Penerapan Starategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 2 Kampar Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih antara penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dengan strategi konvensional di MAN 2 Kampar. Jenis penelitian ini adalah Quasi Ekperiment. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 78 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 44 orang siswa, peneliti menggunakan 2 kelas, XII MIA 1 sebagai kelas Ekperimen, dan XII MIA 2 sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dengan strategi inquiry discovery di MAN 2 Kampar, diperoleh t hitung 3.503 > t tabel 2.074, dengan perbedaan nilai rata-rata (mean) kelas ekperimen bernilai 80, sedangkan kelas kontrol bernilai 68.5. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2023 08:41
Last Modified: 24 Jan 2023 08:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65434

Actions (login required)

View Item View Item