Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KUALITAS E-LEARNING UIN SUSKA RIAU MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

MUHAMMAD ARRIDHO, - (2022) ANALISIS KUALITAS E-LEARNING UIN SUSKA RIAU MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV ANALISIS DAN HASIL)
BAB IV ANALISIS DAN HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

E-Learning merupakan layanan website oleh UIN Suska Riau kepada mahasiswa. Pada website tersebut mahasiswa dapat melakukan proses pembelajaran secara online. Dalam pengoperasiannya terdapat beberapa permasalahan yang dialami mahasiswa seperti sistem yang sering error dan tampilan yang kurang menarik. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau dengan tujuan untuk menganalisis kualitas E-Learning dan memberikan rekomendasi pada pihak PTIPD. Penelitian ini menggunakan metode Webqual 4.0. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa dengan Accidental Sampling untuk pengampilan sampel dan rumus Slovin untuk penetapan jumlah sampel. Responden yang digunakan berjumlah 100 mahasiswa. Tools yang digunakan untuk menganalisis data yaitu Microsoft Excel dan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan dimensi kegunaan dengan nilai persentase tertinggi adalah kemudahan untuk mengoperasikan E-Learning UIN Suska Riau dan yang terendah adalah tampilan E-Learning yang bagus. Kemudian Kualitas Informasi yang memiliki persentase tertinggi adalah E-Learning memberikan informasi yang mudah dipahami dan terendah adalah E-Learning memberikan informasi detail yang tepat. Kemudian Kualitas Interaksi Pelayanan yang memiliki nilai presentase setuju tertinggi adalah E-Learning memberikan rasa aman pengguna dengan data yang diberikan dan nilai terendah adalah E-Learning memudahkan berkomunikasi dengan pihak kampus. Variabel Kualitas Informasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, Variabel Kualitas Informasi tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pengguna, Variabel Kualitas Interaksi Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan. Secara keseluruhan ketiga variabel Webqual 4.0 dimensi Kegunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna dan Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi puas terhadap Website E-Learning UIN Suska Riau. Kata Kunci: E-Learning, Microsoft Excel, SPSS, Webqual 4.0

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:28
Last Modified: 24 Jan 2023 01:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65313

Actions (login required)

View Item View Item