Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA PRAKERIN DI SMK KOTA BATAM

NOFIA ADRI, - (2023) DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA PRAKERIN DI SMK KOTA BATAM. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (LENGKAP SELAIN BAB IV)
lengkap selain bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nofia Adri (2022): Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa Prakerin di SMK Kota Batam Struktur Kurikulum SMK sesuai peraturan mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 70 Tahun 2013, bahwa pembelajaran kelompok A pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (Pendidikan Agama Islam) wajib diajarkan pada 6 semester, dan disetiap semester memiliki minimal 36 minggu dengan 3 JPl tatap muka perminggunya. Berdasarkan uraian diatas maka peneliti tertarik untuk menelaah lebih dalam tentang Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa prakerin di SMK Kota Batam sebagai lembaga yang juga mengimplimentasiakan Program Prakerin ( Praktek Kerja Industri ) selama 1 semester sebagai syarat siswa dapat mengikuti ujian Kelulusan. Ada tiga tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa prakerin di SMK Kota Batam. 2) Apa problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa prakerin di SMK Kota Batam ? 3)Bagaimana cara pemecahan problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa prakerin di SMK Kota Batam ? Penelitian ini dilakukan di tiga lokasi penelitian yaitu SMK Negeri 3 Batam, SMK Negeri 7 Batam dan SMK Negeri 8 Batam dengan menggunakan metode penelitan kualitatif, jenis penelitian studi lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan neliputi: 1) observasi pratisipasi, 2) wawancara (interviuw), 3) studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah: 1) Reduksi, 2) display data, 3) verifikasi data. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan beberapa cara yaitu: 1) ketekunan pengamatan, 2) traingulasi, 3) pengecekan absahan data. Hasil penelitian menunjukan yaitu: 1) Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa prakerin di SMK Kota Batam dilakukan tidak dengan tatap muka penuh seperti pada siswa yang tidak melakukan prakerin. 2) Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa prakerin di SMK Kota Batam adalah pembenturan dua program kegiatan wajib antara pembelajaran materi kolompok A ( ex. Pendidikan Agama Islam) dan Program Prakerin. 3) Desain Pembelajaran merupakan salah satu pemecahan problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa prakerin di SMK Kota Batam. Kata Kunci: Desain, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, PRAKERIN

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:59
Last Modified: 20 Jan 2023 03:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65271

Actions (login required)

View Item View Item