Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN KATEGORI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DIKELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 15 PEKANBARU

Devira Octaviani (2014) PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN KATEGORI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DIKELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 15 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Pekanbaru dengan menggunakan teknik permainan kategori. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penggunaan permainan kategori pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V dapat meningkatan aktivitas belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 15 pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Kemudian subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 15 Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penggunakan teknik permainan kategori untuk meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan kategori dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada persentase yang diperoleh sebelum tindakan 47.68%, Terjadi peningkatan pada siklus I pertemuan kedua dengan persentase 64.81%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan kedua juga terjadi peningkatan dengan persentase 85.64%. Pada aktivitas guru pada siklus I pertemuan kedua persentase yang diperoleh adalah 66.7% dan meningkat pada siklus II pertemuan kedua menjadi 91.66%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Aug 2016 06:15
Last Modified: 29 Aug 2016 06:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6519

Actions (login required)

View Item View Item