Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS NILAI SOSIAL DALAM NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XIl TINGKAT SMA

MAYA AJIANTI, - (2022) ANALISIS NILAI SOSIAL DALAM NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XIl TINGKAT SMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Maya Ajianti, (2022): Analisis Nilai Sosial dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XII Tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang terkandung dalam novel Ayah karya Andrea Hirata dan Relevansinya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XII tingkat SMA. Masalah dalam penelitian ini adalah fenomena sosial. Novel Ayah karya Andrea Hirata dapat ditemukan nilai kehidupan sosial masyarakat yang sesungguhnya dari nilai-nilai sosial yang berupa nilai material, nilai vital, dan nilai kerohanian. Pengajaran sastra disekolah bertujuan diantaranya yaitu: agar siswa dapat memperoleh ilmu pengetahuan di bidang sastra. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik baca catat. Teknik analisis data yang digunakan menganalisis unsur-unsur pembangun novel, menganalisis nilai sosial, mengaitkan nilai-nilai sosial, dan menyimpulkan hasil penelitian nilai sosial. Hasil temuan penelitian ini diantaranya 1) Ditemukan struktur pembangun novel Ayah karya Andrea Hirata antara lain: Tema, alur, tokoh dan penokohan, latar, sudut pandang, dan amanat yang saling berkaitan dan saling membangun cerita. 2) Novel Ayah Terdapat nilai-nilai sosial berjumlah 115 data. Nilai material berjumlah 33 data, nilai vital 65 data, dan nilai kerohanian 17 data. 3) Struktur novel Ayah Karya Andrea Hirata dan nilai-nilai sosial yang terkandung didalam novel tersebut relevan sebagai materi ajar di SMA kelas XII Semester 1 KD 3.8. Menafsirkan pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel sesuai dengan kurikulum 2013. Kata Kunci: Nilai Sosial, Novel, Relevansi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jan 2023 01:40
Last Modified: 19 Jan 2023 01:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65180

Actions (login required)

View Item View Item