Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI HADIS DALAM MENDIDIK ANAK TENTANG SHALAT DAN AKHLAK MAKAN DI MDTA KHAIRUL BARIYYAH KELURAHAN TANGKERANG LABUAI KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU (Studi Living Hadis)

ANNISA AIDIL FITRI, - (2022) IMPLEMENTASI HADIS DALAM MENDIDIK ANAK TENTANG SHALAT DAN AKHLAK MAKAN DI MDTA KHAIRUL BARIYYAH KELURAHAN TANGKERANG LABUAI KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU (Studi Living Hadis). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV PENYAJIAN DATA PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Implementasi Hadis dalam Mendidik Anak tentang Shalat dan Akhlak Makan di MDTA Khairul Bariyyah Kelurahan Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru (Studi Living Hadis). Pada masa sekarang ini, tidak semua hal dapat dipantau oleh orang tua terkait pembentukan akhlak anak. Anak-anak yang berumur di bawah lima belas tahun lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain. Jika ditelusuri di tiap-tiap sekolah, masih banyak anak-anak yang tidak melaksanakan shalat dan tidak sedikit pula anak-anak yang belum mengamalkan akhlak makan yang sesuai dengan syariat Islam. Dari hal di atas, maka peneliti jadikan sebagai tolak ukur dalam melakukan penelitian di MDTA Khairul Bariyyah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada tiga, yaitu bagaimana profil MDTA Khairul Bariyyah Pekanbaru, bagaimana pemahaman guru-guru terkait hadis dalam mendidik anak tentang shalat dan akhlak makan di MDTA Khairul Bariyyah Pekanbaru. Kemudian, bagaimana langkah-langkah para guru MDTA Khairul Bariyyah mengimplementasikan hadis dalam mendidik anak tentang shalat dan akhlak makan kepada para santrinya. Pada penelitian yang peneliti lakukan ini termasuk kepada penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian yaitu metode kualitatif dengan bentuk data kuantitatif. Untuk teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, data yang diperoleh pada penelitian ini dari Kitab Fathul Baari ke-26 Penjelasan Kitab Shahih Bukhari oleh Ibnu Hajar Al Asqalani, Kitab Aunul Ma’bud Syarah Sunan Abu Daud ke-2, serta hasil wawancara dan observasi di MDTA Khairul Bariyyah Pekanbaru. Adapun hasil penelitian ini: (1) Menjelaskan profil MDTA Khairul Bariyyah Pekanbaru. (2) Pemahaman guru-guru terkait hadis dalam mendidik anak tentang shalat dan akhlak makan di MDTA Khairul Bariyyah Pekanbaru. (3) Implementasi hadis dalam mendidik anak tentang shalat dan akhkak makan kepada para santri di MDTA Khairul Bariyyah Pekanbaru. Kata kunci: Hadis, Akhlak, Shalat, Implementasi, Makan, Living Hadis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 20 Jan 2023 04:07
Last Modified: 20 Jan 2023 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65171

Actions (login required)

View Item View Item