Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI IMAN PADA PENGGUNAAN AT-TADHAD DALAM SURAH AL-LAIL PERSPEKTIF TAFSIR JAMI’UL BAYAN FII TA’WIILIL QUR’AN KARYA IMAM ATH-THABARI

ALVERIDHO, - (2022) NILAI IMAN PADA PENGGUNAAN AT-TADHAD DALAM SURAH AL-LAIL PERSPEKTIF TAFSIR JAMI’UL BAYAN FII TA’WIILIL QUR’AN KARYA IMAM ATH-THABARI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas mengenai kandungan nilai iman yang terdapat pada penggunaan at-tadhad atau lawan kata dalam surah Al-Lail. Surah ini tergolong surah Makkiyah yang mengandung pembahasan seputar pondasi keimanan. Surahsurah Makkiyah ialah surah yang turun pada fase dakwah Nabi di Makkah selama 13 tahun lamanya. Uslub bahasa yang tinggi dan indah pada Surah dan ayat Makkiyah membuat orang arab bahkan ahli-ahli syair di kala itu dibuat berdecak kagum akan kehebatan bahasa Al-Qur’an. Karena dari segi kebahasaan dan kesastraan, Al-Quran memang memiliki gaya bahasa yang khas yang sangat berbeda dengan bahasa masyarakat Arab pada umumnya, baik dari pemilihan huruf dan kalimat. Sehingga setiap orang yang mentadabburi makna yang terkandung di dalam Al-Qur’an ia akan menemukan berbagai fenomena kebahasaan yang menyentuh keimanan. Salah satu fenomena kebahasaan itu ialah penggunaan antonim dalam surah Al-Lail. Maka skripsi ini mencoba mengkaji apa saja nilai keimanan yang terdapat dalam penggunaan at-Tadhad atau antonim dalam surah Al-Lail. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) dan metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode tafsir tahlili. Adapun kitab tafsir yang digunakan dalam penelitian ini ialah kitab Tafsir Jami’ul Bayan Fii Ta’wiilil Qur’an karya Imam Ibnu Jarir Ath-Thabari. Penelitian ini disajikan dengan teknik analisis data kualitatif. Nilai-nilai iman yang berhasil diperoleh dari penggunaan attadhda dalam surah Al-Lail ialah berkaitan nilai iman kepada Allah dan hari akhir ciptaan-ciptaan Allah begitu juga keimanan pada taqdir kemudian tentang keadaan dua golongan yang ada di dunia dan di akhirat serta kekuasaan Allah sebagai pemiliki dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:58
Last Modified: 18 Jan 2023 08:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65168

Actions (login required)

View Item View Item