Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN FIKSI PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDIT FADHILAH PEKANBARU

ALFINA ROHMANIATULLAH, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN FIKSI PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDIT FADHILAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALFINA ROHMANIATULLAH.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Alfina Rohmaniatullah, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Fiksi pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDIT Fadhilah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan fiksi melalui model pembelajaran Concept Sentence berbantuan Media Gambar pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDIT Fadhilah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjek penelitiannya adalah 1 orang guru dan 29 orang siswa, dan objeknya adalah model pembelajaran Concept Sentence berbantuan Media Gambar dan kemampuan siswa dalam menulis karangan fiksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan fiksi siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melaui model pembelajaran Concept Sentence berbantuan Media Gambar. Grafik peningkatannya tampak dari hasil tes pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus, nilai rata-rata siswa adalah 44.62 atau tergolong dalam kategori kurang. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 61.59 atau masih tergolong dalam kategori kurang. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat secara signifikan menjadi 83.31 atau tergolong dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Concept Sentence berbantuan Media Gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan fiksi siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDIT Fadhilah Pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran Concept Sentence, Media Gambar, Kemampuan Menulis Karangan Fiksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:42
Last Modified: 18 Jan 2023 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65101

Actions (login required)

View Item View Item