KHAIRIL IKHSAN, - (2022) ANALISIS SOCIAL CRM PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK MENGUKUR RETENSI PELANGGAN. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN( BAB)IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BaB IV)
FILE HASIL PENELITIAN( BAB IV ).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
KHAIRIL IKHSAN (2022): ANALISIS SOCIAL CRM PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK MENGUKUR RETENSI PELANGGAN Social CRM adalah komunikasi interaktif dua arah untuk terlibat dan berkolaborasi dengan pelanggan untuk menciptakan value, pengembangan produk, pengembangan konsep, dan strategi pemasaran baru. Sebagai sebuah perusahaan yang sukses, perusahaan harus memiliki kemampuan untuk memproses semua informasi. Rotte Bakery merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri roti. Rotte Bakery memilik followers di Instagram sebanyak 18,6 ribu. Namun, Rotte Bakery belum pernah melakukan analisis komentar terhadap akun Instagram mereka. Komentar-komentar tersebut berguna untuk bahan evaluasi bagi sebuah perusahaan dan dapat menjadi parameter kepuasan pelanggan. Penelitian ini berguna Untuk mengetahui hal-hal tersebut, dengan dilakukannya analisis komentar menggunakan sentimen analisis. Sentimen ini dianalisis menggunakan algoritma Naive Bayes dan mendapatkan hasil akurasi sebesar 80%. Hasil sentimen menunjukkan bahwa pelanggan lebih banyak merasakan kepuasan terhadap Rotte Bakery, dari segi pelayanan, produk, dan aksi-aksi yang dilakukan Rotte Bakery. Kata Kunci: Social CRM, Sentimen Analisis, Instagram, Naive Bayes.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 05:00 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 05:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65050 |
Actions (login required)
View Item |