Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH TREND MUSLIMAH FASHION TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI EKONOMI SYARIAH UIN SUSKA RIAU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

IRAYANTI TAMBUNAN, - (2022) PENGARUH TREND MUSLIMAH FASHION TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI EKONOMI SYARIAH UIN SUSKA RIAU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI IRAYANTI TAMBUNAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Irayanti Tambunan (2022): “Pengaruh Trend Muslimah Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Ekonomi Syariah UIN SUSKA Riau Perspektif Ekonomi Syariah” Fashion muslimah menjadi trend dikalangan muslimah Indonesia tidak terkecuali mahasiswi Ekonomi Syariah UIN SUSKA Riau, hal ini ditandai dengan busana yang digunakan oleh mahasiswi. Namun trend ini berdampak negatif pada pola perilaku konsumtif mahasiswi. Perilaku konsumtif mahasiswi mengundang sifat yang boros dan berlebih-lebihan dalam mengalokasikan uang sakunya untuk membeli fashion muslimah yang sedang trend dibandingkan untuk membeli keperluan perkuliahan. Mahasiswi cenderung memporsikan keuangannya untuk membeli produk yang sedang trend dengan cara mengurangi keperluan makan, kuliah maupun lainnya. Sementara dalam perspektif ekonomi syariah seseorang harus berperilaku konsumsi sesuai kebutuhannya bukan keinginan. Islam melarang umatnya untuk bersikap boros maupun kikir Jenis penelitian ini adalah kuantitatif untuk mengetahui pengaruh trend muslimah fashion terhadap perilaku konsumtif mahasiswi Ekonomi Syariah UIN SUSKA Riau perspektif ekonomi yang berlokasi di Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA Riau. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswi Ekonomi Syariah UIN SUSKA Riau yang berjumlah 567 orang. Metode penentuan sampel adalah non probability sampling berupa accidental sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dan didapat sampel 85 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, penyebaran kuesioer dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trend muslimah fashion berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswi UIN SUSKA Riau. Dari hasil uji t dengan t-hitung sebesar 6,659 > t-tabel 1,989 menunjukkan bahwa hipotesis diterima dengan tingkat signifikan (Sig) sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 0,348. Artinya bahwa pengaruh trend muslimah fashion terhadap perilaku konsumtif sebesar 34,8% sedangkan sisanya 65,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikut sertakan dalam penelitian. Perspektif ekonomi syariah mengenai pengaruh trend muslimah fashion yang membawa seseorang memiliki perilaku konsumtif tidak dibenarkan, karena perilaku konsumtif tidak sesuai dengan prinsip konsumsi dalam ekonomi syariah. Kata Kunci: Trend Muslimah Fashion, Perilaku Konsumtif, Perspektif Ekonomi Syariah .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:47
Last Modified: 05 Jan 2023 01:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64800

Actions (login required)

View Item View Item