Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF USING FISHBONE DIAGRAM STRATEGY ON STUDENTS’ WRITING ANALYTICAL EXPOSITION TEXT AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL 15 PEKANBARU

KARIN MEILIAN, - (2022) THE EFFECT OF USING FISHBONE DIAGRAM STRATEGY ON STUDENTS’ WRITING ANALYTICAL EXPOSITION TEXT AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL 15 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img]
Preview
Text
THESIS KARIN MEILIAN.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Karin Meilian (2022): Pengaruh Penggunaan Strategi Fishbone Diagram Terhadap Penulisan Teks Analisis Eksposisi Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan siswa dalam menulis, seperti siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide, siswa mengalami kesulitan dalam memilih tata bahasa yang benar, dan siswa mengalami kesulitan dalam menulis kalimat karena kurangnya kosa kata. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi analitis siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan strategi diagram tulang ikan pada siswa kelas sebelas IPA di SMA Negeri 15 Pekanbaru. Desain penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain satu kelompok pre-test dan post-test. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas sebelas IPA 3 yang berjumlah 35 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes menulis untuk mengetahui kemampuan menulis siswa teks eksposisi analitis. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan rumus paired sample t-test yang dihitung dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai tobtained lebih tinggi dari ttable (2.179 > 2.032) dengan taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan (df) adalah 34 dan nilai signifikansi lebih rendah dari taraf signifikan (0,036 < 0,05). Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada keterampilan menulis teks eksposisi analitis siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan strategi diagram tulang ikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:39
Last Modified: 03 Jan 2023 04:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64758

Actions (login required)

View Item View Item