Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DAMPAK EVENT PACU JALUR DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA MASYARAKAT KUANTAN SINGINGI.

Bebis Arianto, Bebis (2022) DAMPAK EVENT PACU JALUR DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA MASYARAKAT KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Dampak Event Pacu Jalur dalam Pelestarian Nilai Budaya Masyarakat Kuantan Singingi. Adapun yang menjadi pokok permasalahan di dalam penelitian ini yaitu Dampak Event Pacu Jalur dalam Pelestarian Nilai Budaya Masyarakat Kuantan Singing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja Dampak Event Pacu Jalur dalam Pelestarian Nilai Budaya Masyarakat Kuantan Singing. Adapun yang menjadi informan pada penelitian ini adalah yaitu: (1) Kepala Desa, (2) Petuah masyarakat, (3) Guru , (4) Tukang Jalur, (4) Masyarakat Umum Kuantan Singingi, (5) Perangkat pemerintahan di desa-desa , (6) Anak Pacuan/Atlit Pacu. Teori yang gunakan dalam penelitian ini adalah teori Kontribusi oleh Dany H. Dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif dengan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan data berupa apa saja Dampak Event Pacu Jalur dalam Pelestarian Nilai Budaya Masyarakat Kuantan Singingi. Hasil penelitian yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa terdapat lima Dampak Event Pacu Jalur dalam Pelestarian Nilai Budaya Masyarakat Kuantan Singing diantaranya yaitu (1) Maelo Jalur, (2) Melayur Jalur, (3)Tari Jalur , (4) Seni kriya Miniatur Jalur, (5) Batik Khas Kuansing dengan motif Jalur dan Dayung, serta kurangnya kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang Dampak Event Pacu Jalur yang harus dijaga dan dilestarikan nilai budayanya. Pengkajian Dampak Event Pacu Jalur ini Bertujuan untuk melestarikan budaya Masyarakat Kuantan Singingi Yaitu Pacu Jalur agar tetap terjaga kelestariannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dampak Event Pacu Jalur, Pelestarian Nilai Budaya, Masyarakat Kuantan Singingi
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 27 Dec 2022 09:08
Last Modified: 27 Dec 2022 09:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64661

Actions (login required)

View Item View Item