Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP/MTS PADA MATERI SPLDV

Afdhal Fauzan, - (2022) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP/MTS PADA MATERI SPLDV. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (Skripsi Lengkap Kecuali BAB IV)
File lengkap kecuali hasil penelitian dan pembahasan (BAB IV) oleh Afdhal Fauzan.pdf

Download (74MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File hasil penelitian dan pembahasan (BAB IV) oleh Afdhal Fauzan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) pada mata pelajaran matematika Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berbasis model creative problem solving yang valid, praktis dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs. Al-Huda Pekanbaru pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah para ahli yang berasal dari guru dan dosen serta responden siswa kelas VIII MTs Al-Huda Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis model creative problem solving pada materi SPLDV. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket dan soal tes. Teknik pengumpulan data adalah penyebaran angket dan soal post-test kemampuan komunikasi matematis. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Analisis terhadap data yang diperoleh menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKS berbasis model creative problem solving yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan persentase 89,17%, sangat praktis untuk kelompok kecil yang berjumlah 10 orang responden dengan persentase 89,20% dan sangat praktis untuk kelompok terbatas dengan persentase 88,61%. Adapun hasil uji efektifitas LKS diperoleh t_hitung= 5,4599 dan t_tabel=2,0017 dengan dk=58 serta menggunakan taraf signifikan 5% atau 0,05 menunjukkan 5,4599>2,0017, dimana t_hitung>t_tabel menyatakan H_1 diterima yang artinya terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rata-rata skor hasil tes kelas eksperimen (50,53) lebih tinggi dari rata-rata skor hasil tes kelas kontrol (41,45). Hasil uji efektifitas yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa LKS yang kembangkan sudah dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Dec 2022 07:50
Last Modified: 23 Dec 2022 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64645

Actions (login required)

View Item View Item