DINA RIZQIYAH, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII MTS DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Dina Rizqiyah, (2022): Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Realistic Matematic Education pada Materi Lingkaran di Kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa berupa Lembar Kerja Siswa Matematika berbasis Realistic Matematic Education pada Materi Lingkaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D (pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desseminate) . Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Hikmah Pekanbaru tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah para ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen, guru serta siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru sebagai kelompok kecil. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa dokumen pendukung, instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi LKS oleh ahli teknologi pendidikan dan materi pembelajaran, instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa dan instrument keefektifan yaitu hasil belajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan Uji T. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis Realistic Matematic Education dinyatakan kategori sangat valid dengan tingkat kevalidan 87,40% Berdasarkan uji kepraktisan, LKS berbasis Realistic Matematic Education dinyatakan kategori sangat praktis dengan tingkat kepraktissan kelompok kecil 85,86% sedangkan untuk kelompok terbatas 84,8% dan dikategorikan efektif berdasarkan bahwa thitung = 2,33 lebih besar dari ttabel = 1,67. Selain itu keefektifan LKS bisa dilihat dari nilai rata-rata posttes kelas eksperimen (mean = 82,09) lebih tinggi dari rata-rata nilai posttes kelas kontrol (mean =73,09). Dengan demikian hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi MateriLingkaran di kelas. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Realistic Matematic Education (RME), Materi Lingkaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 08:47 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 08:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64637 |
Actions (login required)
View Item |