Roudhotul Jannah, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 005 RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Roudhotul Jannah, (2022):Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 005 Rambah Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran matematika pada materi skala dan denah melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think talk write di kelas V SD Negeri 005 Rambah Hilir. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah satu orang guru dan 15 orang siswa kelas V SD Negeri 005 Rambah Hilir. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran cooperative learning tipe think talk write dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sebelum tindakan siswa berada pada kategori kurang kritis dengan persentase 26,66%, sedangkan siswa yang mencapai kategori cukup kritis berada pada persentase 26,66%, siswa yang termasuk kategori Kritis berada pada persentase 26,66%, dan siswa pada kategori sangat kritis berada pada persentase 20%. Kemudian setelah dilakukan perbaikan menggunakan model pembelajaran think talk write pada siklus I, siswa pada kategori kurang kritis berada pada persentase 26,66%, sedangkan siswa dengan kategori cukup kritis berada pada persentase 33,33%, siswa pada kategori kritis berada pada persentase 13,33%, dan siswa dengan kategori sangat kritis berada pada persentase 26,66%. Selanjutnya pada siklus II, siswa pada kategori cukup kritis dengan persentase 20%, sedangkan siswa pada kategori kritis dengan persentase 33,33%, dan siswa yang berada pada kategori sangat kritis dengan persentase 40%. Artinya, hasil kemampuan berpikir kritis siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dan dapat dikatakan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe think talk write dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi skala dan denah muatan pelajaran matematika kelas V SD Negeri 005 Rambah Hilir. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Talk Write, Berpikir Kritis. 3/08/2022
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 08:07 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 08:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64631 |
Actions (login required)
View Item |