Risnawati (2011) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH TRIGONOMETRI. Beta : Jurnal Pendidikan Matematika, IV (2). pp. 38-46. ISSN 2085 - 5893
|
Text
Risnawati - Beta Vol IV No.2 hal 38-46.pdf Download (396kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berfikir kritis dan Self-Efficacy merupakan salah satu masalah utama mahasiswa di pendidikan matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan self- efficacy. Salah satu metode pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan self-efficacy mahamahasiswa adalah pendekatan Realistic Mathematic Education dengan Mind Mapping. Penelitian ini dilakukan untuk menelaah apakah terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis dan Self-Efficacy mahasiswa yang belajar menggunakan pendekatan RME dengan Mind Mapping dengan mahasiswa yang memperoleh pendekatan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Randomized Control-Group Posttest Only Design. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai April 2012 dengan subjek penelitian 92 orang mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan berfikir kritis dan skala psikologik self-efficacy model skala likert. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berfikir kreatif dan self-efficacy antara mahasiswa yang memperoleh pendekatan RME dengan Mind Mapping dengan mahasiswa yang memperoleh pendekatan konvensional. Berdasarkan temuan penelitian, maka penerapan pendekatan RME dengan Mind Mapping dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan kemapuan berfikir kritis dan self-efficacy. Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematic Education, Mind Mapping, Kemampuan berfikir kritis, Self-Efficacy
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 07:02 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6462 |
Actions (login required)
View Item |