Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT PETANI OLEH KOPERASI UNIT DESA (KUD) JARING MAS SEJAHTERA DI PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPA

Muammar Padli, Padli (2022) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT PETANI OLEH KOPERASI UNIT DESA (KUD) JARING MAS SEJAHTERA DI PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Koperasi Unit Desa yang bernama Jaring Mas Sejahtera yang melaksanakan kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pemberian bantuan modal, penyediaan sarana prasarana, bantuan pendampingan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat petani yang dilakukan oleh Koperasi Unit Desa Jaring Mas Sejahtera. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat petani yang dilakukan oleh Koperasi Unit Desa Jaring Mas Sejahtera. Subjek penelitian ini adalah ketua Koperasi Unit Desa Jaring Mas Sejahtera. Selanjutnya yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah masyarakat petani Jaring Mas Sejahtera. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan ekonomi masyarakat petani yang dilakukan oleh Koperasi Unit Desa Jaring Mas Sejahtera yaitu: Pertama, memberdayakan lahan kosong menjadi lahan produktif dan memberikan bantuan modal berupa bibit, pupuk, dan pestisida. Kedua, memberdayakan dengan meminjamkan alat pertanian seperti traktor pembajak sawah, penggiling padi, dan menyediakan gudang penyimpanan hasil produksi. Ketiga, bantuan pendampingan seperti proses belajar melalui penyuluhan, yang didalamnya terdapat pembelajaran dan pelatihan kepada petani tentang pengolahan serta peningkatan hasil pertanian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Petani, Koperasi Unit Desa
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 29 Dec 2022 08:29
Last Modified: 29 Dec 2022 08:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64617

Actions (login required)

View Item View Item