Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI KELAYAKAN TEKNIS DAN EKONOMIS PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HYBRID PLTD-PLTMH (Studi Kasus : Pondok Afdeling IV PTPN 5 Sei Pagar)

Arul Anwar Lubis, - (2022) STUDI KELAYAKAN TEKNIS DAN EKONOMIS PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HYBRID PLTD-PLTMH (Studi Kasus : Pondok Afdeling IV PTPN 5 Sei Pagar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV ARUL ANWAR LUBIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB I II III V)
BAB I II III V ARUL ANWAR LUBIS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Energi listrik sangat berperan penting dalam kehidupan. Distribusi listrik yang belum merata disetiap daerah menyebabkan terjadinya defisit energi, terutama didaerah terpencil yang sulit dijangkau jaringan PLN. Salah satu daerah yang mengalami defisit energi listrik adalah Pondok Afdeling IV PTPN 5 Si Pagar. Pembangkit listrik yang tersedia saat yaitu PLTD belum mampu memenuhi kebutuhan listrik di daerah ini. Pembangkit listrik hybrid adalah solusi untuk daerah yang mengalami defisit energi. Potensi energi yang paling besar dikembangkan adalah energi air. Metode yang digunakan dalam perhitungan debit air menggunakan metode apung. Penelitian ini menggunakan software HOMER Pro dalam menganalisis aspek teknis dan ekonomi pembangkit. Total kebutuhan listrik di Pondok Afdeling IV adalah 95.757,75 kWh/tahun. Hasil simulasi menunjukkan bahwa PLTMH berkontribusi sebesar 100% dan PLTD berkontribusi sebesar 0%, PLTH disusun secara seri. Produksi listrik yang dihasilkan sebesar 172.299 kWh/tahun sehingga mampu memenuhi kebutuhan listrik yang ada. Dalam aspek ekonomi, nilai LCOE sebesar Rp. 6.655,89, NPV bernilai positif sebesa Rp. 320.777.250,09, PBP 7 tahun 9 bulan, dan IRR sebesar 17,46%. Berdasarkan hasil analisis dari segi teknis dan ekonomi pada penelitian ini, pembangkit listrik ini bisa dikatakan layak dalam segi teknis dan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 19 Dec 2022 07:29
Last Modified: 19 Dec 2022 07:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64567

Actions (login required)

View Item View Item