Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KOMPETENSI KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN ORIENTASI DALAM BIMBINGAN KARIR (STUDI KASUS DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V PEKANBARU)

RANGGA AFANZA ALFARIZI, - (2022) ANALISIS KOMPETENSI KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN ORIENTASI DALAM BIMBINGAN KARIR (STUDI KASUS DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Rangga Afanza Alfarizi Jurusan : Bimbingan Konseling Islam Judul : Analisis Kompetensi Karyawan Dengan Menggunakan Layanan Orientasi Dalam Bimbingan Karir (Studi Kasus di PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru) Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kompetensi kerja karyawan seperti adanya sebagian karyawan yang masih belum paham dengan pekerjaanya sehingga mengganggu dan menghambat pekerjaan karyawan lainnya, Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis kompetensi karyawan dengan menggunakan layanan orientasi dalam bimbingan karir yang ada di PTPNV Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi karyawan dengan menggunakan layanan orientasi dalam bimbingan karir (Studi Kasus di PTPNV Pekanbaru). Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah seorang konselor dan dua orang pegawai PTPNV Pekanbaru. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa ada kesenjangan kompetensi yang dimiliki karyawan, hal ini dilihat dari asil temuan observasi dan wawancara dengan informan yang mengatakan masi ada karyawan yang memiliki kompetensi rendah sehingga dapat mempengaruhi kualitas kinerja. Upaya yang dilakukan oleh PTPNV Pekanbaru adalah dengan memberikan layanan orientasi bimbingan karir kepada karyawan, di dalamnya terdapat 5 tahapan diantaranya : Perencanaan, pada tahap ini konselor menetapkan objek orientasi dan materi yang akan menjadi isi layanan. Pengorganisasian unsu-unsur dan sasaran layanan, di tahap ini konselor menyiapkan segala fasilitas termasuk penyaji narasumber, tempat pelaksanaan layanan orientasi. Pelaksanaan layanan, pada tahap ini PTPNV memberikan bentuk format klasikal dalam pelaksanaan layanan orientasi dan topik isi pembahasan adalah bidang pengembangan sosial dan bidang pengembangan karir. klasikal dalam pelaksanaan layanan orientasi dan topik isi pembahasan adalah bidang pengembangan sosial dan bidang pengembangan karir. Penilaian, pada tahap penilaian ini konselor melakukan penilaian setelah layanan oreintasi dilakukan dengan penilaian laiseg, laijapen dan laijapang. Tindak lanjut dan laporan pada tahap ini konselor membuat laporan dalam bentuk dokument yang kemudian diteruskan kepada atasan untuk di tindak lanjuti. Hasil dari penerapan layanan orientasi menunjukan adanya perubahan kompetensi karyawan kearah yang lebih baik dilihat dari hasil wawancara karyawan setelah diberikan layanan orientasi, karyawan bisa mengerjakan tugasnya dengan baik, karyawan dapat menyelesaikan masalah dengan cara diskusi dengan rekan kerjanya.. Kata kunci : Kompetensi Karyawan, Layanan Orientasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 19 Dec 2022 04:47
Last Modified: 19 Dec 2022 04:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64566

Actions (login required)

View Item View Item