Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN VIDEO TIKTOK BERBASIS STREAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, RELIGIOSITY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

DWI RIVA ARIANTI, - (2022) PENGEMBANGAN VIDEO TIKTOK BERBASIS STREAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, RELIGIOSITY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Dwi Riva Arianti (2022): Pengembangan Video Tiktok Berbasis STREAM (Science, Technology, Religiosity, Engineering, Art, and Mathematics) Pada Materi Larutan Penyangga Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan secara berulang diluar jam pelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran video TikTok berbasis STREAM (Science, Technology, Religiosity, Engineering, Art, and Mathematics) pada materi larutan penyangga yang diuji kevalidtan nya berdasarkan validitas ahli materi, ahli media, uji praktikalitas guru dan siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dimana model pengembangan yang digunakan ialah model pengembangan 4-D (Define, Design, Develompment, Disseminate). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Merbau, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti. Subjek penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media, guru, dan peserta didik kelas XI MIA1. Adapun objek penelitian ini yaitu media pembelajaran video TikTok berbasis STREAM (Science, Technology, Religiosity, Engineering, Art, and Mathematics) pada materi larutan penyangga. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 90,278% dengan kriteria sangat valid dan ahli media diperoleh persentase sebesar 95% dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas guru diperoleh persentase sebesar 98,4375% dengan kriteria sangat praktis, dan uji praktikalitas respon siswa diperoleh persentase sebesar 91,319% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video TikTok berbasis STREAM (Science, Technology, Religiosity, Engineering, Art, and Mathematics) pada materi larutan penyangga layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video TikTok, STREAM (Science, Technology, Religiosity, Engineering, Art, and Mathematics, Larutan Penyangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Dec 2022 08:14
Last Modified: 16 Dec 2022 08:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64561

Actions (login required)

View Item View Item