Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS GAYA BAHASA DAN SUDUT PANDANG PADA NOVEL "AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG" KARYA TERE LIYE DAN RELAVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XI SMA

DELLA TRIANA, - (2022) ANALISIS GAYA BAHASA DAN SUDUT PANDANG PADA NOVEL "AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG" KARYA TERE LIYE DAN RELAVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)

Abstract

ABSTRAK Della Triana, (2022): Analisis Gaya Bahasa Dan Sudut Pandang Pada Novel Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas XI SMA. Penelitian ini mengkaji tentang gaya bahasa dan sudut pandang yang terdapat dalam novel ayahku (bukan) pembohong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya bahasa dan sudut pandang yang terdapat pada novel ayahku (bukan) pembohong karya tere liye dan relevansinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Reseach) dengan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan deksriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja gaya bahasa dan sudut pandang yang terdapat dalam novel ayahku (bukan) pembohong karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi yaitu dengan cara pengamatan novel tersebut. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat empat macam gaya bahasa dan satu sudut pandang dalam novel ayahku (bukan) pembohong. Gaya bahasa yang pertama persamaan atau simile, kedua metafora, ketiga personifikasi, dan keempa ironi. Sedangkan sudut pandangnya yaitu sudut pandang orang pertama. Hasil analisis gaya bahasa dan sudut pandang pada novel tersebut di relevansikan dengan pembelajaran bahasa dan sastra di SMA. Kompetensi dasar dalam pembelajaran ini adalah KD 3.7 yaitu mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca. Kata kunci: analisis gaya bahasa dan sudut pandang, novel, pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:54
Last Modified: 16 Dec 2022 03:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64554

Actions (login required)

View Item View Item