Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE LANGSUNG MENGGUNAKANPENDEKATAN KOMUNIKATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN MUHADATSAH SISWA KELAS VII MTS PP. DARUL QUR’AN KAMPAR

JELI YANI ERNITA, - (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE LANGSUNG MENGGUNAKANPENDEKATAN KOMUNIKATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN MUHADATSAH SISWA KELAS VII MTS PP. DARUL QUR’AN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI JELI YANI ERNITA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jeli Yani Ernita, (2022) : Efektivitas Penerapan Metode Langsung Menggunakan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Muhadatsah Siswa Kelas VII MTs PP. Darul Qur’an Kampar Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen, yang terdiri dari dua variabel yaitu metode langsung menggunakan pendekatan komunikatif (X) dan keterampilan berbicara (Y) di MTs PP. Darul Qur’an Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode langsung menggunakan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa MTs PP. Darul Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode langsung menggunakan pendekatan komunikatif efektiv untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran muhadatsah siswa kelas VII MTs PP. Darul Qur’an”. Objek dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara siswa, subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B MTs PP. Darul Qur’an tahun ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs PP. Darul Qur’an yang berjumlah 178 siswa. Dengan sampel siswa kelas VII A = 25 dan kelas VII B = 25 yang berjumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus ttes diperoleh nilai thitung = 2,56 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 1%= 2,40 dan taraf signifikan 5%= 1,67 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti bahwa adanya peningkatan yang signifikan atas metode langsung menggunakan pendekatan komunikatif terhadap keterampilan berbicara. Begitu juga pada tabel observasi metode langsung mendapatkan nilai 96,7 dengan arti bagus sekali (Jayyid Jiddan) karena terletak pada taraf signifikan 90%-100%. Dengan data tersebut, metode langsung menggunakan pendekatan komunikatif dinyatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa MTs PP. Darul Qur’an. Kampar. Kata kunci : Efektivitas, Metode Langsung, Pendekatan Komunikatif, Keterampilan Berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:51
Last Modified: 16 Dec 2022 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64553

Actions (login required)

View Item View Item