Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

FITRI NOVITA, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITRI NOVITA KECUALI BAB IV.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Fitri Novita, (2022): Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi sistem persamaan linier tiga variabel untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 XIII Koto Kampar, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi sistem persamaan linier tiga variabel untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik angket dan teknik tes. Instrumen penelitian berupa instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi LKS oleh ahli teknologi pendidikan dan materi pembelajaran, instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa dan instrumen keefektifan yaitu soal posttest. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh : (1) LKS berbasis RME dinyatakan dalam kategori sangat valid dengan rata-rata kevalidan sebesar 85,79% (2) LKS berbasis RME dinyatakan dalam kategori sangat praktis dengan rata-rata kepraktisan sebesar 87,89%. (3) LKS berbasis RME dinyatakan dalam kategori efektif. Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LKS yang dikembangkan valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Komunikasi Matematis, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:44
Last Modified: 16 Dec 2022 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64545

Actions (login required)

View Item View Item