KHAIRUL HASBI, - (2022) تحليل بلاغي عن أسلوب القصر بطريقة النفي والإستثناء في سورة البقرة وطريقة تعليمه. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI KHAIRUL HASBI.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Khairul Hasbi, (2022): Analisis Balaghah Tentang Uslub Qashr dengan Thariqoh Nafi dan Istisna’ dalam Surah Al- Baqarah dan Metode Pembelajarannya Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk uslub qashar dengan thariqoh nafi dan istisna’ di dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah dan metode pengajarannya dari aspek Balaghah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi pustaka. Adapun objek penelitian ini adalah uslub qashr dengan thariqoh nafi dan istisna’ dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sumber data yang terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder yang berhubungan dengan objek penelitian ini. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu metode Bahsuun Maktabiyyun dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis isi (Konten Analisis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 43 ayat yang terdapat huruf istisna’nya sedangkan hanya 24 ayat yang terdapat thoriqoh nafi dan istisna’ didalam surat tersebut. Dan diantara huruf nafinya yaitu la, lamma, lan, in, dan ma. Dan adapun metode pembelajaran ada banyak yaitu metode mubasyarah, metode qiroah, metode qowaid dan metode musyawaroh. Dan pada penelitian ini peneliti menggunakan metode yang paling efektif dalam pembelajaran uslub qashr yaitu metode mubasyarah. Kata Kunci: Analisis, Balaghah, Uslub Qashr, Thariqoh Nafi dan Istisna’, Metode Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 01:24 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 01:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64474 |
Actions (login required)
View Item |