NURSIDA YANTI, - (2022) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI STRES BELAJAR SISWA DI SMK ABDURRAB PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (728kB) |
||
|
Text
SKRIPSI NURSIDA YANTI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nursida Yanti, (2022):iImplementasi Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self-Instruction untuk Mengurangi Stres Belajar Siswa di SMK Abdurrab Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Stres belajar siswa sebelum penerapan bimbingan kelompok dengan teknik self-instruction, 2) Stres belajar siswa setelah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik self-instruction, 3) Implementasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-instruction untuk mengurangi stres belajar siswa, 4) Keberhasilan penerapan teknik self-instruction dalam mengurangi stres belajar. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan bentuk design the one group pretest-post test. Subjek pada penelitian ini adalah 6 siswa yang memiliki tingkat stres yang tinggi. Objek penelitian ini adalah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik self-instruction untuk mengurangi stres belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket (pre-test dan post-test) dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data menggunakan teknik statistik non-parametrik Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stres belajar yang dialami siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-instruction berada dikategori tinggi dengan rata-rata skor akhir 105,5. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-instruction mengalami penurunan menjadi 79,3 kategori rendah. Penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-instruction terlaksana sesuai tahap kegiatan dengan baik.iBerdasarkan hasil analisis menggunakan Wilcoxon Signed Rank diperoleh angka probabilitas Asymp. Sig (2- tailed) 0,027 < 0,05 sehingga Ha diterima yang berarti terdapat pengurangan stres belajar yang dialami siswa dengan penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-instruction. Kata Kunci:iImplementasi, Bimbingan Kelompok, Teknik Self-Instruction, Stres Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 02:47 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 02:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64382 |
Actions (login required)
View Item |