Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROSES MEDIA ONLINE REALITA RIAU.COM UNTUK MEMBUKTIKAN KEBENARAN BERITA (Studi Kasus Berita di Media Online RealitaRiau.com yang Bersumber dari Media Sosial 21 Januari-28 Januari 2022)

KHOIROTUN NISA’, - (2022) PROSES MEDIA ONLINE REALITA RIAU.COM UNTUK MEMBUKTIKAN KEBENARAN BERITA (Studi Kasus Berita di Media Online RealitaRiau.com yang Bersumber dari Media Sosial 21 Januari-28 Januari 2022). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHOIROTUN NISA’.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Khoirotun Nisa’ Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Proses Media Online RealitaRiau.Com Untuk Membuktikan Kebenaran Berita (Studi Kasus Berita di Media Online RealitaRiau.com yang Bersumber dari Media Sosial Tanggal 21 Januari-28 Januari 2022) Kecepatan informasi media online dalam menghasilkan berita dianggap mengabaikan prinsip verifikasi terhadap sumber berita. Bahkan media mainstream menjadikan media sosial sebagai sumber informasi utamanya. Sehingga, keakuratan dari hasil berita yang bersumber dari media sosial dipertanyakan. Untuk tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana akurasi sumber berita mediasosial pada media online RealitaRiau.com. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analasis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RealitaRiau.com dalam penerapan akurasi sumber berita media sosial berdasarkan indikator akurasi berita menurut Mondry. Melakukan proses cek dan ricek terhadap sumber berita yang tercantum pada berita, meminimalisir kesalahan penulisan data meliputi tanggal kejadian, alamat, atau nama individu yang terlibat, memilih narasumber yang memiliki relevansi dengan topik yang sedang dibahas, memiliki keterkaitan antara judul berita dengan isi berita, serta menggunakan foto atau foto jurnalistik yang mendukung isi berita. Kata kunci: Akurasi Sumber Berita, Media Online, RealitaRiau.com

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 01 Dec 2022 02:55
Last Modified: 01 Dec 2022 02:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64374

Actions (login required)

View Item View Item